Sejarah panjang norton motorcycle!!!
Langsung saja mari kita mulai :wink:
James Lansdowne Norton, lahir di Birmingham pada tahun 1869 dan dibesarkan di sebuah keluarga kelas menengah yang menganut paham religius yang taat. Kemudian saat remaja dia meninggalkan bangku sekolah dan magang ke pembuat sparepart sepeda dan segera terlibat dalam pembuatan rantai sepeda. Pekerjaan tersebut terhenti ketika ia menderita serangan penyakit demam rematik parah ketika ia berusia 19 tahun. Serangan itu begitu buruk sehingga dokter menyarankan bahwa melakukan perjalanan laut merupakan satu langkah terbaik untuk pemulihan kondisi kesehatannya. Anjuran tersebut dilakukannya pada tahun 1888, ia pergi ke New York Amerika dan kembali dengan menggunakan armada kapal new Trans Atlantic liners. Perjalanan laut tersebut cukup membantu mengurangi rasa sakit tetapi ia tetap menderita penyakit tersebut seumur hidupnya. Sejarah berikutnya dimulai pada tahun 1898, ketika ia mendirikan perusahaan Norton Manufacturing Company di Bromsgrove Street, Birmingham. Salah seorang temannya bernama Charles Riley Garrard, seorang pengusaha kaya raya, melihat ada sebuah potensi dan peluang menghasilkan uang dari sektor tranportasi. Pada saat itu Prancis adalah perintisnya, dan pada tahun 1902 Garrard mendapatkan kesepakatan untuk impor mesin buatan Clement France yang akan dipasang ke sepeda dan dipasarkan dengan nama mesin Clement-Garrard.
Perusahaan Norton mendapat order membangun frame untuk Garrard. Dan pada November 1902 sepeda bermesin pertama buatan Norton diproduksi dan diiklankan oleh Norton pada tahun 1903 dengan nama Energette . Dalam iklan tersebut disebutkan sepeda ini sebagai sepeda yang ideal untuk dokter dan cocok untuk bisnis, touring dan balap.
Tambah gambar lagi nih!
Dan ini mesinnya :D
Seperti mesin produksi Clement yang lain, mesin Norton Energette ini bertype 4T 145cc dengan menggunakan Atmospheric intake valve dan Mechanical exhaust valve. Kecepatan maksimal Norton Energette ini kira-kira 20mph (sekitar 32kmh) :D
Selain membuat frame untuk Garrard dan Energette-nya sendiri, Norton juga memulai bisnis komponen. Jelas terlihat bahwa Norton telah memutuskan untuk diversifikasi usaha. Nama Energette yang disematkan pada produk Norton pada November 1903 merupakan petunjuk pertama bahwa mesin yang lebih besar sedang dalam persiapan.
Cerita berlanjut saat digelarnya lomba balap pertama 1907 Isle of Man Tourist Thropy (pertama kali diselenggarakan). Kejuaraan ini menandai titik balik dalam sejarah sepeda motor dunia. Pada saat itu, mesin-mesin buatan Prancis mendominasi sebagian besar kejuaraan balap. Aturan internasional saat itu telah menyebabkan beberapa prototype mesin aneh sedang dikembangkan. Pihak berwenang menolak untuk mengubah peraturan tersebut dan akibatnya beberapa prototype mesin balap yang berbahaya mulai dibuat. (hwaduh!) :shock:
Norton tidak ketinggalan untuk ikut serta dalam kejuaraan yang baru pertama kali dimulai tersebut dengan membuat sepeda motor menggunakan mesin V-Twin 726cc buatan Peugeot bertenaga 5Hp.
Motorcycle: Norton Two-cylinder T.T. Manufacturer: Norton Motors Ltd., Aston,
Birmingham Type: Racing Year: 1907
Engine: Peugeot two-cylinder V, four-stroke, with automatic intake valves and side exhaust valves, mechanically operated. Displacement 726 cc.
Cooling: Air
Transmission: Direct, from engine to rear wheel, with a belt
Power: About 5 h.p.
Maximum speed: About 62.5 m.p.h.
Chassis: Single cradle, tubular, open below. Front, elastic suspension
Brakes: Front, skid
Pada saat akan dimulainya kejuaraan 1907 TT tersebut tidak ada yang memperhitungkan keikutsertaan Norton dengan pembalapnya Rem Fowler. Apalagi Motor buatan Norton tersebut belum pernah dicoba sebelumnya pada lintasan balap. Tapi prediksi sebagai underdog tersebut dimentahkan saat race dimulai. Fowler melaju menjadi yang tercepat pada lap pertama kejuaraan tersebut, akan tetapi pada putaran terakhir terjadi masalah mekanis dan menempatkannya pada posisi ke tiga klasifikasi dibawah Charlie Collier dengan motor Matchless dan Jack Marshall dengan motor Triumph.
Sejarah Race TT mencatat Norton ini sebagai yang sepeda motor tercepat pertama kali dalam perlombaan tersebut! hebat! :D
Kita lanjutkan ceritanya,
Perusahaan Norton terus berkembang. Pada tahun 1908 Norton Twin diperbesar kapasitasnya sampai dengan 76 x 80mm dan siap mengikuti kejuaraan TT pada tahun 1908. Dua Norton ikut serta dengan rider Fowler dan FC Perryman. Keduanya gagal untuk menyelesaikan lomba, Perryman kehabisan bahan bakar dan Fowler mengalami kerusakan pada klep yang menjadi renggang (ngempos) :lol:
Kegagalan Norton bemesin Peugeot ini cukup mengecewakan Norton. Selanjutnya dia segera mendesain ulang mesin ini dengan improvement nya sendiri dan menjadikannya model single Cylinder sidevalve (with fully mechanical valves) bertenaga 3,5hp. Perubahan ini ternyata banyak diminati oleh konsumen dan model ini sukses dalam ujicoba berbagai kondisi jalan dan ketahanan mesinnya.
Setelah melakukan riset yang mendalam akhirnya pada akhir tahun 1911 Norton memperkenalkan type TT 490cc dengan rangka baru lebih rendah, wheelbase lebih pendek dan dimensi mesin 79x100mm. Ini merupakan saat pertama Norton membuat sepeda motor dengan tujuan balap. model ini mendapat sukses besar dalam kompetisi, menang secara teratur di acara-acara lokal dan nasional.
Salah satu kejadian unik terjadi, saat seorang konsumen bernama Jack Emerson (gambar diatas) membeli type TT 490cc. Dia mengendarainya sejauh 165miles dari rumahnya Hull menuju Brooklands. Saat itu dia mampu meraih kecepatan tertinggi dan mengalahkan kecepatan pembalap berpengalaman dengan memecahkan tiga rekor dunia. :shock:
Kabar itu didengar oleh Norton dan segera sepeda motor TT milik Jack Emerson dipinjam dan diteliti oleh Norton. (heran dia) :mrgreen:
Hasil observasi disimpulkan bahwa mesin TT milik Jack Emerson dalam kondisi standar kecuali penggunaan pegas klep memakai yang lebih keras dan kuat. Selain itu penggunaan rasio belt diposisikan untuk menjaga rpm mesin tetap diputaran diatas 3000rpm (catatan : piston masih menggunakan cast iron/besi tuang). Selanjutnya sepeda motor Jack Emerson dikembalikan, dan uniknya saat kembali digunakan menempuh 165miles pada Oktober 1912 sepeda motor ini dapat melampaui kecepatan sepeda motor pembalap Oliver Godfrey (Indian) dan George Stanley (Singer). Hebat!! mesin ini pasti ada “penunggunya”! :lol:
Model TT 490cc diatas mirip yang dimiliki oleh Jack Emerson.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar